Kanal

Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Medan Berharap Dapat Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Medan (Sumut), LPC

Berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi pemilih khususnya agar masyarakat luas mengetahui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Lapangan Istana Maimun, jalan Brigjend Katamso. Sabtu malam (6/7/2024).

Ketua KPU Kota Medan Mutia Atiqah mengatakan, Peluncuran ini sengaja dilakukan di Istana Maimun yang merupakan ikon Kota Medan supaya semakin banyak masyarakat mengetahui tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

Mutia Atiqah berharap pemilihan tempat peluncuran yang strategis ini, dapat berkontribusi pada peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada nantinya.

Tahapan sudah berjalan, tahapan sudah dilalui dan kami segera untuk melaksanakan Pilkada serentak tahun 2024.

Adapun persiapan yang telah kami persiapkan adalah segenap jajaran PPK, PPS dan tentunya Pantarlih yang sampai saat ini masih bekerja melakukan pencoklitan dan pemutakhiran data,” Kata Mutia Atiqah dalam sambutannya.

Mutia Atiqah juga berharap nantinya setiap tahapan-tahapan Pilkada serentak dapat dijalani dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mutia Atiqah menambahkan lagi, setiap tahapan akan berjalan baik dan lancar tentunya tidak terlepas dari kerjasama dengan berbagai stakeholder seperti jajaran TNI-POLRI, Pemko Medan, dan yang terkait lainnya yang nantinya dapat membantu kelancaran Pilkada serentak, serta support yang sangat berarti dari Masyarakat Kota Medan untuk bersama mensukseskan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 27 November 2024.

Hari ini KPU Medan mengadakan peluncuran tahapan Pilkada serentak 2024 di Istana Maimun, Adapun kesepakatan pemilihan lokasi peluncuran di Istana Maimun, Kami berharap selain dapat dinikmati dan disaksikan oleh para tamu undangan, tapi juga dapat disaksikan dan dinikmati warga Kota Medan yang berhadir dan menikmati suasana Sabtu malam Minggu di Istana Maimun sehingga nantinya akan menjadi perhelatan Pilkada serentak 2024 yang menyeluruh dan mengena bagi masyarakat kota Medan,” harap Mutia Atiqah.

Dan tentunya kami sangat berharap partisipasi masyarakat Medan dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak tahun 2024 ini akan semakin baik dan meningkat,” lanjut Mutia lagi.

Dikatakannya, partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 sudah cukup baik.

Namun ia berharap pada tahun ini partisipasi pemilih semakin baik, terkait itu pula KPU Kota Medan menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2024 sebesar 70-75 persen.

Sementara itu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Andy Mario Siregar mengatakan, Pemko Medan dan jajaran unsur Forkopimda siap mendukung secara moril maupun materil penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2024.

Dana hibah dari Pemko Medan yang 60 persen mungkin minggu depan kita segerakan, baik kepada KPU maupun Bawaslu,” ungkap Andy Mario dalam sambutannya.

Medan pernah kota yang tingkat partisipasi pemilihnya terendah di Indonesia, karena itu Andy Mario berharap adanya peningkatan partisipasi pemilih di Pilkada serentak mendatang.

Peluncuran ini salah satu upaya kita menyampaikan kepada masyarakat Medan bahwa pada Rabu, 27 November 2024 akan ada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan,” ujar Andy Mario.

Dia menambahkan, perlu juga disampaikan pada masyarakat selain memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota, juga akan diadakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

Kita berharap Medan tidak menjadi ukuran yang tidak baik untuk pelaksanaan pilkada,” kata Andy Mario.

Pantauan awak media, Peluncuran Tahapan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2024 ditandai dengan pemukulan taganing antara lain oleh Andy Mario dan komisioner KPU Medan.

Acara tersebut selain dihibur oleh musik dari grub band, paduan suara, dan drama, Kegiatan itu juga dihadiri oleh seluruh jajaran Stakeholder KPU Medan, Ketua KPU Sumut, Pemko Medan, TNI-POLRI, Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), PPS, mantan Komisioner KPU Medan, mantan Ketua KPU Medan, Mantan PPK, Bawaslu dan tamu undangan lainnya.***Yanti

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER