Kanal

TBS Sawit di Afdeling V Kebun Terantam Tidak Diangkut Dan Dibiarkan Membusuk

Kampar (Riau), Lineperistiwa.com

Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit ditemukan menumpuk di beberapa titik di areal Afdeling V Kebun Terantam milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN 5) yang berlokasi di Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Diduga karena tidak diurus dan dikelola dengan benar serta dibiarkan dan tidak diangkut, sehingga sebagian TBS kelapa sawit tersebut tampak sudah membusuk dan menghitam.

Sesuai dengan hasil pantauan awak media di lapangan, dibeberapa titik di areal Afdeling V Kebun Terantam memang banyak TBS yang dibiarkan begitu saja sampai menjamur dan sebagian lagi sudah menghitam.

"Sudah berhari-hari itu pak, karena tidak diangkut sehingga sampai membusuk seperti itu," ungkap salah seorang warga kepada media ini, Kamis (14/12/2023).

"Banyak TBS yang sudah busuk dan mengering bahkan sebagian tumbuh jadi bibit. Apa sebabnya tidak diangkut, saya juga tidak tahu," imbuhnya.

Menurutnya, TBS yang tidak diangkut itu terbuang sia-sia. Sebab, buah sawit yang tadinya segar, sekarang sudah berubah menjadi kecambah dan itu bisa dijumpai di beberapa tempat di areal Afdeling V Terantam.

Selanjutnya Awak Media konfirmasi ke Aditia selaku Asisten Afdeling V Kebun Terantam terkait hal ini melalui pesan singkat WhatsApp, namun yang bersangkutan tidak merespon.

Kemudian Awak Media konfirmasi ke Manajer Kebun Terantam Manalu, namun belum juga ada jawaban. Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan secara resmi dari pihak PTPN 5 Kebun Terantam. (***Dimpos).

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER