Kanal

Renovasi Aula SMPN 2 Dumai Bagian Dari Peningkatan Mutu Pendidikan

Kota Dumai (Riau), LPC

Komitmen meningkatkan fasilitas penunjang di Bidang Pendidikan, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melakukan renovasi Bangunan Aula SMPN 2 Kota Dumai. Bangunan berlokasi di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai dipandang tidak layak fungsi lagi.

Karena hampir sebahagian besar Aula tersebut mengalami kerusakan cukup parah sehingga khawatir jika digunakan bisa berbahaya kepada peserta Didik dan Pendidik. Oleh karena itu Disdikbud Kota Dumai mengesa pelaksanaan renovasi Aula Sekolah yang dulunya dikenal dengan nama SMP Karang Anyar.

Melalui Proses Lelang oleh LPSE Kota Dumai, kegiatan renovasi dengan Anggaran Rp 902.181.200.00, di menangi CV. Azzahra Puteri Pesisir. Anggaran bersumber dari APBD-P Kota Dumai Tahun 2022 sesuai dengan RAB dibuat Konsultan Perencana, CV. Radha Consultant meliputi pekerjaan sebagaimana disampaikan Kadisdikbud Kota Dumai Yusmanidar, S.Sos., M.Si melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Paisal Lubis.

Kepada awak media sosok yang kini menjabat Kabid SMP itu merinci pekerjaan apa saja tertuang dalam Kontrak. Berikut uraian dibawah sebagaimana disampaikan di warung kopi Bilangan Jl. Pasar Pulau Payung Selasa sore, (28/11/2023).

Banyak item pekerjaan tertuang dalam kontrak sesuai perencanaan oleh Konsultan Perencana. Kondisi Bangunan sangat parah hampir keseluruhan Gedung Aula mengalami kerusakan sehingga banyak perbaikan dilakukan.

"Pekerjaan perbaikan dan penambahan pondasi, perbaikan sebahagian besar dinding, perbaikan teras, pembuatan ruang serbaguna, pemasangan plafon dalam dengan bahan ACP (Aluminium Composite Panel), renovasi panggung serta pembangunan toilet baru sebanyak 3 buah, pekerjaan pengecatan serta beberapa pekerjaan lain". sampainya awali percakapan.

Namun Anggaran digelontorkan tidak termasuk pekerjaan pemasangan plafon luar berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) dan piri-piri samping. Karena itu pekerjaan yang diawasi Konsultant Pengawas, CV. Karsa Consultant kembali mendapat suntikan Anggaran sebesar Rp 199.745.000.00, bersumber Dana Bagi Hasil (DBH) Tahun 2023.

"Masih ada lagi pekerjaan lanjutan karena pada pekerjaan terdahulu di prioritasksn untuk pekerjaan yang dianggap penting, Tahun ini kembali dialokasikan Anggaran tambahan karena itu ada pekerjaan lanjutan sebagaimana disebut terdahulu yaitu pemasangan plafon PVC dan piri-piri luar". pungkas Paisal Lubis.

Sebagaimana diketahui bahwa pekerjaan renovasi Aula SMPN 2 Dumai mendapat sorotan dan diduga ada Mark up. Terlebih Anggaran dikucurkan dua kali yaitu melalui APBD-P Kota Dumai Tahun 2022 dan DBH Tahun 2023. Sehingga asumsi negatif yang berkembang perlu diluruskan agar tidak terjadi kerancuan.

Namun dengan penjelasan PPTK kepada awak media semoga bisa menjawab dan mengklarifikasi keraguan beberapa pihak. Dalam penjelasannya Paisal Lubis menyebut bahan-bahan APC dan PVC yang banyak digunakan harganya terbilang sangat mahal.  

"Penyampaian ini hendaknya bisa menjawab keraguan beberapa pihak dan membantah tidak terjadi Mark up, yang dibuat Konsultan Perencana sesuai hitungan, tujuan kita hanya satu agar proses belajar dan mengajar berjalan lancar aman dan tertib". terangnya lagi.

"Renovasi Aula juga berdasarkan pengaduan pihak Sekolah meneruskan kekhawatiran orang tua Pelajar jika anaknya beraktivitas di Gedung Aula lama dengan kondisi rusak berat, Alhamdulillah sekarang sudah bagus semoga kegiatan ekstrakurikuler dan lain sebagainya berjalan lancar dan aman". pungkasnya.

Orang tua murid yang awak media temui saat meninjau lokasi bangunan Aula merasa senang dengan kondisi sekarang dan tidak merasa was-was lagi jika anaknya beraktivitas dalam Gedung Aula.

"Selaku orang tua selalu cemas jika anak saya ada kegiatan di Gedung Aula yang lama karena Bangunannya banyak yang rusak dan hancur, sangat berbahaya bagi siapa saja karena itu kerap mengingatkan agar berhati-hati jika berada sekitar Aula, namun sekarang hal itu tidak ada lagi karena setelah direnovasi Gedungnya sudah bagus". ungkap salah satu orang tua murid mengaku bernama Ahmad Khadafy, Rabu pagi (29/11).

Pantauan awak media jelas terlihat perubahan signifikan penampakan Gedung Aula sebelum dan sesudah di renovasi. Hampir secara keseluruhan Bangunan tersebut tersentuh oleh perbaikan yang telah dilakukan. Salah satu upaya nyata dilakukan oleh Disdikbud dalam upaya meningkatkan sarana dan prasarana Pendidikan pada jenjang SMP yang ada di Kota Dumai.

Kerja nyata dilakukan pada masa pemerintahan Wali Kota terkini H. Paisal, SKM., MARS. Selain itu pembangunan di Bidang Pendidikan, pembangunan sarana lain juga masif dilakukan. Terutama untuk pekerjaan perbaikan Jalan-Jalan, Drainase dan Gedung Perkantoran lainnya.***(RPC)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER