Kanal

Kanwil Kemenkumham Riau Kunker ke Rokan Hilir Tinjau Pembangunan Lapas Baru dan Kondisi Lapas Bagansiapiapi

Rokan Hilir (Riau), LPC

Dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja, Kepala Divisi Administrasi (kadivmin) Kanwil Kemenkumham Riau, Johan Manurung, didampingi Kepala Bagian Program dan Humas, Sabar Tarida Uli Gultom bersama Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Ibnu Rizal beserta rombongan Subbag Program dan Pelaporan serta Sub Bagian Humas, IT dan RB, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Rokan Hilir pada Jum'at (28/07/2023).

Tempat pertama yang dituju adalah pembangunan Lapas Bagansiapiapi yang baru di Ujung Tanjung. Lapas Bagansiapiapi tercatat sebagai lapas terpadat se-Indonesia, hal ini membuat warga binaan lapas harus rela hidup berdesak - desakan, menghambat program pembinaan, dan beresiko tinggi terhadap gangguan keamanan lapas. Oleh karena itu telah dilaksanakan pembangunan Lapas Bagansiapiapi yang baru di Jalan Lintas Riau - Sumut Kecamatan Tanah Putih Ujung Tanjung. Dengan ini diharapkan mampu mengurai kepadatan hunian lapas.

Kadivmin dan rombongan datang guna memastikan lanjutan pembangunan Lapas Bagansiapiapi yang baru ini agar berjalan tepat waktu dan sesuai standar.

Disambut Kepala Lapas Bagansiapiapi, Wachid Wibowo dan jajaran, rombongan Kanwil Kemenkumham Riau langsung melakukan peninjauan terhadap lanjutan pembangunan lapas baru.

"Dengan dilanjutkannnya pembangunan lapas ini, khususnya pada pembangunan blok hunian, kami mengharapkan lapas baru Ujung Tanjung ini dapat segera kita operasionalkan, tentunya hal ini untuk mengurai kondisi over kapasitas yang terjadi di lapas Bagansiapiapi. Kami mengharapkan kerja sama kita semua dalam pelaksanaan pembangunan ini." ujar Johan.

Lanjutnya lagi, Kadivmin meminta pelaksana proyek memperhatikan hal-hal kecil sedetail - detailnya. Dia berharap dengan bekerja dengan teliti sehingga tidak ada permasalahan di kemudian hari. Dia pun meminta Kalapas dan PPK rutin melaporkan perkembangan pembangunan lapas agar bisa mencarikan solusi apabila ada hambatan di lapangan.

Setelah dilaksanakan peninjauan, Kadivmin dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Lapas Bagansiapiapi.

Setiba di lapas, rombongan disambut dengan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Bagansiapiapi yang menampilkan pertunjukan yel-yel yang begitu ciamik.

"Selama saya bertugas diberbagai tempat, baru kali ini saya melihat kekompakan dan semangat WBP yang begitu baik yang terbalut dalam yel-yel yang tadi ditampilkan. Kami tentunya mengapresiasi sambutan yang begitu hangat oleh keluarga besar Lapas Bagansiapiapi, semoga hal ini dapat terus dijaga dan tentunya kami berpesan kepada semuanya untuk berkomitmen mewujudkan apa yang menjadi yel-yel tadi, yaitu jauhi narkoba dan terus berupaya untuk menjalani hidup sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat bagi sesama.", ucap Johan.***

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER