Kanal

Akibat Banjir, Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kabupaten Pati Terancam Gagal Panen

Pati (Jateng), Lineperistiwa.com

Banjir yang melanda 76 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Pati yang lebih dari 10 hari nampaknya sudah mulai berangsur surut.

Selain menghambat aktivitas warga, banjir juga merendam ribuan hektar tanaman padi terancam gagal panen (puso), tercatat ada seribuan lebih lahan pertanian yang terendam banjir. 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati, Niken kepada wartawan mengatakan akibat banjir yang merendam lahan persawahan para petani merugi.

"Ada 6.896.000 hektar sawah yang terendam banjir dan rata-rata umur tanaman 10 sampai 70 hari." Kata Niken belum lama ini.

Ia menjelaskan, dari total lahan pertanian yang terendam banjir, hanya ratusan lahan pertanian yang terdaftar ikut program asuransi.

"Dari 6.896.000 lahan pertanian yang terendam banjir, hanya sekitar 300an hektar yang ikut program asuransi, semoga para petani ikut program asuransi." Jelasnya

Niken mengaku, dari Dinas Pertanian dan Peternakan akan mengupayakan bantuan kepada petani yang lahan persawahanya terendam banjir.

"Dari Dinas akan mengupayakan bantuan berupa bibit bagi para petani yang lahan persawahanya terendam banjir", pungkas Niken. (***Suf)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER