Kanal

Dispersip Kota Dumai Optimalkan Perpustakaan Digital, Dalam Upaya Dongkrak Minat Baca

Kota Dumai (Riau), Lineperistiwa.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kota Dumai terus menggalakkan kegiatan minat baca bagi Masyarakat. Upaya meningkatkan minat baca dilakukan secara hardbook maupun secara e-book. 

Dengan memanfaatkan Aplikasi Perpustakaan digital i-dumai melalui kegiatan-kegiatan Sosialisai ke Sekolah-Sekolah dan Organjsasi Perangkat Daerah (OPD) yang melayani Masyarakat.

Terkait upaya tersebut Sekretaris Dispersip Kota Dumai, Riski Kurniawan ST, M.IP menyebutkan, hal ini sejalan dengan Program Pelatihan Kepemimpinan Administaror atau dahulunya dikenal dengan sebutan PIM 3 yang sedang dijalankan.

"Saat ini Dispersip Kota Dumai menjalankan kegiatan Pelatihan untuk Admin, Penginputan buku-buku secara Digital serta kemaren Launching gerakan minat baca pada Kamis, 27 Oktober 2022". ujar sosok yang saat ini menjabat Sebagai Sekretaris pada Dispersip Kota Dumai.

"Gerakan minat baca yang juga mendapat dukungan dari Walikota Dumai Paisal SKM, MARS, Sekda lndra Gunawan dan beberapa OPD terkait, dengan mendirikan pojok baca bagi Masyarakat Dumai". katanya lagi pada Rabu, (21/12/2022) melalui pesan WhatsAap.

Terangnya lagi "Bahkan, Walikota Dumai juga sudah membuat surat edaran kepada OPD untuk menyiapkan perangkat dan perpustakaan bagi masyarakat, apalagi dengan terpilihnya lsteri Walikota sebagai Bunda Literasi, semoga diharapkan makin menguatkan Program minat baca bagi Masyarakat kedepannya," ungkap sosok ASN akrab disapa Kiki dan dikenal dekat dengan kalangan awak Media.

Diakuinya, selama ini kurangnya pengetahuan Masyarakat lantaran kurangnya Sosialisasi dan Promosi perpustakaan digital i-dumai. Selain itu belum adanya Pelatihan tenaga Perpustakaan dan Manajemen berkaitan dengan Program tersebut.

"Bahkan terpenting sekali adalah Anggaran, dan selama ini hal tersebutlah yang dirasakan sangat kurang, sehingga tidak bisa Upgrade sistim i-dumai dan penambahan buku digital, persoalan lainnya adalah masih rendahnya Budaya minat baca Masyarakat, maka untuk itu kedepannya kami akan Optimalkan Aplikasi Perpustakaan Digital i-dumai ini".

Terakhir Kiki berharap, semoga Kota Dumai ke depan memiliki Perpustakaan yang layak dengan memiliki Gedung yang modern dan berteknologi tinggi.

"Harapan kami dari Dispersip adalah, di Dumai dibangun Gedung Perpustakaan modern dengan Teknologi pendukung yang ada kaitan dengan Perpustakaan, sehingga minat baca Masyarakat semakin meningkat". tutupnya.***

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER