Kanal

Diduga Akibat Oven Meledak, Pabrik Kacang PT Dua Kelinci Pati Terbakar

 

Pati (Jateng), Lineperistiwa.com

Pabrik kacang PT. Dua kelinci di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terbakar. Kebakaran terjadi diduga bermula dari ruang produksi. Sejumlah saksi mata mendengar adanya ledakan dari bagian oven sebelum akhirnya api membesar, Selasa (23/11/2021), siang sekitar pukul 11.15 WIB.

Puluhan mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan ke lokasi kebakaran. Petugas pemadam kebakaran dibantu TNI-POLRI serta relawan menjinakkan API yang mengamuk di Pabrik Kacang Dua Kelinci. Dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk menjinakkan kobaran api.

Kepulan asap hitam tebal membumbung tinggi, akibat kebakaran hebat tersebut. Angin kencang, menyebabkan api cepat membesar. Kejadian kebakaran ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.15 wib. 

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, api pertama kali diketahui berasal dari ruang produksi, yakni bagian oven.

Diperkirakan suhu panas yang tinggi, di bagian oven tersebut, kemudian mengakibatkan kebakaran. Apalagi, didalam banyaknya barang, sejenis plastik yang mudah terbakar, serta kacang. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan, untuk memadamkan api. Karyawan berusaha menyelamatkan barang-barang, di gedung yang aman. Petugas terus berusaha memadamkan api.

Perwakilan PT. Dua kelinci, Taufan Rudianto mengungkapkan, jika kebakaran terjadi, pertama kali ditemukan percikan api di bagian kiri atas pabrik. Pihaknya bersama karyawan langsung berusaha memadamkan api, namun karena tiupan angin yang kencang, membuat api cepat menyebar.

Hampir empat jam, api baru bisa dijinakkan, dan akhirnya dipadamkan. Namun demikian, petugas pemadam kebakaran, masih terlihat menyemprotkan air, untuk pendinginan. Diketahui tidak ada korban jiwa, dan hingga saat ini belum diketahui berapa kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut. (***MYD)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER