Lurah Sungai Apit Siak Diduga Abaikan Situs Sejarah

Selasa, 25 Mei 2021

 

Siak, Lineperistiwa.com

Beberapa warga kecewa terhadap Pemerintah Kelurahan Sungai Apit dimana salah satu situs berupa Parit di Sungai Apit sebagai bukti sejarah atas penamaan Sungai Apit yang mana, nama Kecamatan Sungai Apit di ambil dari sungai tersebut (Selasa, 25/05/2021).

Warga bernama Indra Mengatakan, Parit Sungai Apit ini sudah berulangkali diajukan untuk pembangunan baik dalam rapat Musrenbang tingkat Kelurahan maupun Musrembang tingkat Kecamatan, agar Parit Sungai Apit dibangun karena mengandung nilai sejarah.

Lanjutnya lagi, adapun embangunan Parit Sungai Apit ini masih dilestarikan oleh Kabupaten Bengkalis dengan adanya pembangunan Drainase walaupun hanya setengah.

Semenjak dimekarkan Kabupaten Siak dari Kabupaten Bengkalis, seolah-olah sampai saat ini Parit Sungai Apit yang bernilai sejarah tersebut terabaikan begitu saja dan tidak pernah tersentuh sama sekali pembangunannya.

Oleh karena itu kata Indra, Parit Sungai Apit ini sangat disayangkan apabila dibiarkan tumbuh semak belukar dan TPS (Tempat Penumpukan Sampah), karena Parit Sungai Apit tersebut adalah bukti sejarah bagi masyarakat Kecamatan Sungai Apit yang posisinya ada di belakang panggung Taman Syarifah Sembilan kelurahan Sungai Apit kecamatan Sungai Apit.

"Alangkah indahnya apabila Parit Sungai Apit ini di bangun kembali karena posisinya ada di belakang panggung Taman Syarifah Sembilan, karena Parit Sungai Apit ini sudah diketahui oleh masyarakat, bahwa penamaan Sungai Apit, diambil dari sana. Oleh karena itu, hendaknya Lurah Sungai Apit bijak dalam pengajuan pembangunan agar parit tersebut menjadi skala prioritas karena mengandung situs sejarah", sambung Indra.

Maka dari itu, kalau Pemerintah Kelurahan tidak bisa mengagendakan pada tahun ini Pembangunan Parit Sungai Apit memang lah keterlaluan betul dan tidak mengerti dengan sejarah. Maka saya bersama bebarapa warga disekitaran ini mengharapkan kepada Dinas terkait agar bisa menganggarkan rancangan Pembangunan Parit Sungai Apit untuk Tahun 2021, tutupnya. (Rizal)