RUTAN Kelas IIB Dumai Adakan Tausiah Dan Halal bi Halal Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

Sabtu, 10 April 2021

Kota Dumai, Lineperistiwa.com

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Dumai mengadakan kegiatan Tausiah Agama dan Halal bi Halal yang dihadiri oleh pegawai Rutan dan warga binaan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Acara yang dilaksanakan pada hari Jum'at (09/04/2021) tersebut dimulai dengan kata sambutan dari Kepala Rutan Pance Daniel Panjaitan dan dilanjutkan Tausiah Agama oleh ustadz Edi Setiawan SAg dengan tema "Persiapan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan".

Dalam tausiahnya, ustadz Edi menyampaikan bahwa Ramadhan berasal dari kata ramidho atau arramadh yang berarti panas terik matahari yang pada masa itu apabila pedang diletakkan di depan rumah maka pedang tersebut menjadi tajam dan ketika Nabi Muhammad SAW datang membawa Islam, ramidho tadi berubah arti menjadi panas yang membakar segala dosa.

Pada kesempatan itu juga,  seorang warga binaan Rutan melaksanakan prosesi masuk islam (mualaf) yang dipimpin langsung oleh ustadz Edi dan didampingi langsung oleh Kepala Rutan Dumai.

"Acara ini diharapkan menjadi semangat bagi pegawai dan ratusan warga binaan yang beragama Islam dalam menyambut bulan Suci Ramadhan. Semoga kita semua diberi kesehatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan Tahun 2021 mendatang", ungkap Agung sebagai Humas Rutan Dumai.