PT Pelabuhan Dumai Berseri (BUMD) Terima Kunker Pansus DPRD Dan Manajemen Perusda Rohul

Jumat, 19 Maret 2021

 

Kota Dumai, Lineperistiwa.com

Badan Usaha Milik Daerah PT Pelabuhan Dumai Berseri menerima kunjungan kerja Pansus DPRD (Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dan Manajemen Perusda (Perusahaan Daerah) Rokan Hulu Jaya kabupaten Rokan Hulu.

Acara berlangsung di ruang rapat Wan Dahlan Ibrahim jalan Putri Tujuh kelurahan Teluk Binjai kecamatan Dumai Timur pada hari Kamis (18/03/2021) pagi.

Kunjungan kerja ini terkait dengan rencana pembahasan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) perubahan atas Perda nomor 2 tahun 2007 kabupaten Rokan Hulu tentang Penyertaan Modal (Investasi) Pemerintah Daerah pada Perusda Rokan Hulu Jaya.

Direktur PT Pelabuhan Dumai Berseri Nurul Amin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pansus DPRD kabupaten Rohul dan Manajemen Perusda Rokan Hulu Jaya yang telah melakukan kunjungan kerja ke kota Dumai.

Dalam paparannya, Nurul Amin menyebutkan bahwa PT Pelabuhan Dumai Berseri adalah Badan Usaha Pelabuhan yang dibatasi dengan satu bidang. Namun meskipun demikian, perusahaan mempunyai target dan mampu memberikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kepada pemerintah daerah berupa deviden melalui kerjasama dengan perusahaan lain,” imbuhnya. 

“Insya Allah diakhir bulan ini 2 (dua) unit kapal pandu dari hasil kerja sama kita akan beroperasi di terminal khusus pelabuhan PT Ivomas dan PT Oleo,” ungkap Nurul Amain.

Komisaris PT Pelabuhan Dumai Berseri H Herdi Selioso yang juga menjabat Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Dumai di dampingi Asisten II H Syahrinaldi mengakui bahwa, Kota Dumai menjadi tujuan investasi terbesar di Propinsi Riau,” ucapnya.

“Ada 3 (tiga) BUMD milik Pemko Dumai yang sudah berkembang namun saat ini kurang begitu baik perkembangannya karena Covid-19,” katanya lagi.

“Dan Kota Dumai adalah kota terluas di seluruh Indonesia. Namun yang bisa dimanfaatkan hanya sekitar 28% (Dua Puluh Delapan Persen) dan sisanya adalah kawasan hutan dan konsesi,” terang Sekda.

Ketua Pansus DPRD Rohul Murkas di kesempatan yang sama memperkenalkan Direktur Perusda Rokan Hulu Jaya Marjeni.

Lanjut, Murkas memaparkan bagaimana kondisi Perusda (Perusahaan Daerah) Rokan Hulu Jaya.

“Perusda Rokan Hulu Jaya sebelumnya hanya bergerak di bidang kelistrikan. Nantinya dalam Ranperda akan dijadikan 11 (sebelas) bidang,” ucap Murkas.

Murkas mengucapkan terima kasih kepada Managemen PT Pelabuhan Dumai Berseri atas kesempatan waktu yang diberikan dalam kunjungan kerja Pansus DPRD Rohul.

“Anggota Pansus Ranperda DPRD Rohul ini ada 13 orang. Dan Perusda Rokan Hulu Jaya pada awalnya hanya bergerak di bidang kelistrikan dengan penyertaan modal sebesar 45 milyar,” ucap Murkas.

Perusda Rokan Hulu Jaya ini tidak berjalan sebagaimana mestinya sampai terjadi kasus korupsi berikut dengan tersangkanya.

Namun, modal tersebut bisa diselamatkan sebanyak 35 milyar, kata Murkas.

”Mudah-mudahan dengan kunjungan kerja Pansus ini, Perusda Rokan Hulu Jaya bisa lebih maju,” tutup Murkas.

Diakhir acara, baik Pansus DPRD Rohul dan Manajemen Perusda serta PT Pelabuhan Dumai Berseri saling memberikan cenderamata sebagai kenang-kenangan. (SNst)