Pj Ketua TP PKK Provinsi Riau dan Pj TP Ketua PKK Kota Pekanbaru Adakan Kunjungan Rutin ke Posyandu Kasih Ibu dan TK Dayang Suri

Jumat, 27 September 2024

Pekanbaru (Riau), LPC 

Pj Ketua TP PKK Provinsi Riau Zuliana bersama Pj Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Aemi Octawulandari Risnandar melakukan kunjungan ke Posyandu Kasih Ibu dan TK Dayang Suri di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Rabu, (25/9/2024).

Kunjungan ini merupakan kunjungan rutin yang digelar dalam rangka memastikan kesiapan sekolah dan guru serta kenyamanan siswa-siswi dalam program transisi PAUD ke SD. Dimana, program gebrakan nasional ini adalah upaya bersama untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini, dari mana pun titik berangkat mereka.

Selain itu, TP PKK juga memastikan kesiapan Posyandu yang telah bertransformasi sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), pasca pengesahan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2024 perubahan atas Undangan-undang Nomor 6 Tahim 2014 tentang Desa.

Dimana, sejumlah upaya pembenahan dan peningkatan layanan dibutuhkan agar Posyandu di Kota Pekanbaru dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk melayani masyarakat sebagai LKD.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Riau Zuliana mengatakan, Kota Pekanbaru sudah mampu mewujudkan kedua program tersebut. Menurutnya, stakeholder terkait sudah sangat mendukung program-program yang digelar pemerintah.

"Harapan kita ini terus berkesinambungan sehingga anak-anak kita, menjadi generasi yang cerdas sebagai penerus bangsa," ujarnya.

Ia juga berharap, guru-guru dan sekolah terus melatih diri melalui pelatihan-pelatihan yang diagendakan dan selalu memberikan pemahaman yang baik kepada pihak orangtua siswa.

"Berikan pemahaman kepada orang tua siswa agar mereka memahami apa itu transisi PAUD, bahwa itu tidak memberatkan orangtua dan bahwa anak-anak bisa menikmati sekolah yang menyenangkan," jelasnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Aemi Octawulandari Risnandar menambahkan dalam melaksanakan program-program pemerintah, terutama untuk transisi PAUD dan Posyandu, sinergi antara Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, camat, lurah hingga RT/RW, sangat dibutuhkan.

"Alhamdulillah, melalui kunjungan ini dapat dilihat sinergi kita semua mulai dari provinsi, kota, camat dan lurah hingga RT/RW, terjalin dengan baik. Kunjungan ini adalah bentuk kepedulian kita, keinginan kita semua membangun kota, membangun generasi muda yang berprestasi," pungkasnya. (***Ronggur G)