Poktan 'Mitra Sepakat' Taja Gerakan Penanaman Cabe Rawit dengan PLTB

Kamis, 29 Agustus 2024

Kota Dumai (Riau), LPC

Kelompok Tani Mitra Sepakat mengadakan Gerakan Penanaman Bersama Cabe Rawit dengan PLTB (Pembukaan Lahan Tanpa Bakar) untuk mencegah Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di lahan PT RUJ (Ruas Utama Jaya) kelurahan Basilam Baru kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai (Kamis, 29/08/2024).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Sekretaris Camat Sungai Sembilan Muhtadi, Lurah Tanjung Penyebal Ahmad, Manajemen PT RUJ, Kepala BPP Balai Penyuluhan Pertanian) kecamatan Sungai Sembilan Herman SPt, pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mandiri Jaya Wiyono serta Kepala SMK Negeri 4 Dumai Miftahul Jannah beserta puluhan siswa/i nya.

Zahra Ulhag bersama mahasiswa UIN Suska (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim) Riau semester 7 lainnya juga turut hadir sekaligus memandu jalannya kegiatan.

Ketua Poktan Mitra Sepakat Fajri Ramadhan dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Suska yang sudah membantu terlaksananya acara.

"Jangan malu menjadi petani dan anak petani, karena petani mampu mewujudkan program ketahanan pangan. Dan kepada siswa/i SMK Negeri 4, kegiatan ini kita buat untuk menambah pengalaman di luar bangku sekolah karena kita bertani tidak dibenarkan membakar untuk membuka lahan",  kata Fajri.

Anggi, perwakilan PT RUJ juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa pembukaan lahan tidak ada lagi dengan cara membakar.

"Bagi siswa/i SMK Negeri 4 jangan malu jadi petani, karena pekerjaan petani itu termasuk pekerjaan yang mulia", ungkapnya.

Muhtadi, Sekretaris Camat Sungai Sembilan dikesempatan yang sama memberikan semangat kepada petani.

"Semoga acara ini lancar dan cabe rawit yang ditanam nanti berhasil sampai panen. Untuk siswa/i SMK Negeri 4, jangan malu dan jangan alergi dengan petani. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi dan hasilnya paling tidak dapat memenuhi kebutuhan kita dan keluarga kelompok tani", pesan Sekcam Muhtadi.

Sementara Kepala SMK Negeri 4 Dumai Miftahul Jannah juga memberikan kata sambutan sekaligus memberikan arahan kepada murid SMKN 4 Dumai.

"Terima kasih, kami mendapat kesempatan dan pengalaman hadir dalam penanaman cabe rawit dengan membuka lahan tanpa membakar. Ilmu ini bisa kita dapatkan dari kelompok tani dengan cara berkolaborasi dimana selama ini belum pernah melakukan komunikasi dengan petani. Manfaatkan kegiatan ini dengan baik", sebut Miftahul Jannah mengakhiri.

Setelah mendengarkan kata - kata sambutan, acara dilanjutkan dengan do'a bersama dan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kelompok Tani Mitra Sepakat dengan SMK Negeri 4 Dumai.

Penandatanganan dukungan atas gerakan penanaman cabe rawit dan sosialisasi 

Kegiatan Gerakan Penanaman Cabe Rawit bersama juga dilakukan dilahan yang telah disiapkan oleh Kelompok Tani Mitra Sepakat yang dilapisi plastik mulsa diatas tanah gundukan seluas 1 (satu) hektar.***SNst