Polresta Pekanbaru Gelar Pelatihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

Jumat, 29 Maret 2024

Pekanbaru. Lineperistiwa.com - Dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas dan keselamatan berlalu lintas yang kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1445 H, Polresta Pekanbaru menggelar Pelatihan Pra Operasi (Latpraops) Ketupat Lancang Kuning 2024 di Aula Zapin Mako Polresta Pekanbaru, Jalan A. Yani, Kota Pekanbaru, pada Kamis, (28 Maret 2024)

Kegiatan Latpraops ini dibuka oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, SIK, yang diwakili oleh Wakapolresta AKBP Henky Poerwanto, SIK.,MM. Acara tersebut dihadiri oleh para PJU Polresta Pekanbaru, para Kapolsek Jajaran Polresta Pekanbaru, dan seluruh personel Polresta Pekanbaru yang terlibat dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemasangan tanda latihan pra operasi, serta pelepasan tanda peserta Lat Pra Ops oleh Wakapolresta Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Wakapolresta Pekanbaru, yang mewakili Kapolresta Pekanbaru, menyampaikan kepada anggota yang ditunjuk di pos pam agar turun ke sekitar pos pam untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menciptakan situasi kamtibmas dan keselamatan berlalu lintas yang kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1445 H.

Dalam momentum ini, banyak rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya karena melakukan mudik, sehingga perlu dilakukan patroli di perumahan. Wakapolresta juga menekankan pentingnya kehadiran polisi dalam mengamankan acara menyambut lebaran yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan yang dilakukan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Wakapolresta juga mengingatkan kepada personel yang berada di pos pam agar tidak hanya diam di tempat, tetapi juga melakukan patroli di sekitar lokasi. Jaga kesehatan selama pelaksanaan operasi, dan diharapkan pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, dilakukan pengecekan dan evaluasi berkala guna meningkatkan pelaksanaan tugas dan laporan oleh para Kasatgas. Apabila terdapat konvoi takbiran, diharapkan dilakukan secara tertib dan lebih baik diarahkan untuk dilaksanakan di masjid.
(Humas Polresta Pekanbaru/***Ronggur.G)