Desa Padang Kamal Siap Hadapi Musim Kemarau, Sosialisasi Pencegahan Karhutla Intensif dari Babinsa

Selasa, 26 Maret 2024

Bengkalis (Riau), LPC

Praka Yudi dan Pratu J. Hutagalung dari Babinsa Koramil 06/Merbau aktif melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Padang Kamal, Kecamatan Pulau Merbau. 

Melalui kegiatan komunikasi sosial (komsos) dan patroli yang dilakukan, Babinsa berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar terhindar dari karhutla.

Selain menyusuri semak belukar, Babinsa juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi karhutla. 

"Kegiatan patroli karhutla telah menjadi rutinitas bagi Koramil 06/Merbau guna memastikan wilayah tugas terhindar dari aksi pembakaran hutan dan lahan yang merugikan," ujar Praka Yudi.

Praka Yudi juga mengajak masyarakat untuk melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat serta menghindari membuka lahan dengan cara membakar. Ia menyampaikan tentang ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Mereka berharap agar masyarakat di wilayah Koramil 06/Merbau, khususnya di Desa Padang Kamal, tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. 

Apabila terjadi karhutla, masyarakat diharapkan segera melapor kepada Babinsa dan pihak terkait guna tindakan cepat.