Agustiawan, ST Jelaskan Alur Cerita Sebenar

Selasa, 30 Januari 2024

Sosok Agustiawan, ST Manajer Comrel PT. KPI RU II Dumai.

Kota Dumai, (Riau) LPC

Beberapa hari belakangan PT. 
Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai diterpa isu kurang nyaman. Isu berkenan agenda Wisata luar Daerah oleh pihak Pertamina Dumai kepada beberapa Jurnalis dituding terjadi pemilihan atau pilih-pilih.

Berdasar narasi pada laman salah satu media online tempatan, PT. KPI RU II Dumai membawa jalan-jalan Wartawan tertentu ke Kota Malang, Jawa Timur. Dinarasikan hanya Wartawan atau Jurnalis tertentu saja diikutsertakan pada kegiatan tersebut.

Tentunya hal tersebut menjadi bahan pergunjingan sesama awak media, karena merasa ada ketidakadilan. Kasak-kusuk terkait persoalan tersebut menarik awak media untuk menelusuri dengan seksama dan akurat.

Dengan menghubungi Area Manajer Communication, & CSR PT. KPI RU II Dumai, Agustiawan ST. Sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ) awak media melakukan check dan recheck atau pencocokan informasi dari pihak bersangkutan. Dalam hal ini pihak KPI RU II Dumai yang dituding melakukan pemilihan kepada Jurnalis.

Agus Setiawan selaku pihak dikonfirmasi dan perpanjangan lidah pihak Pertamina Dumai kepada awak media menjelaskan fakta sebenar. Berikut tanggapan diberikan Selasa (30/01/2024), Yuk simak uraian dibawah.

Awal percakapan Agus membenarkan agenda Wisata luar Daerah kepada beberapa Jurnalis. Namun membantah jika terjadi pemilahan, karena ada kriteria bagi yang diikutsertakan.

"Benar Bang, pihak Pertamina Dumai mengagendakan Wisata luar Daerah bersama beberapa Jurnalis, namun bukan Jurnalis Dumai saja ada dari beberapa Daerah lain juga ikut". sebutnya awali percakapan.

"Jurnalis dibawa keluar Daerah adalah Jurnalis mengikuti Ajang Jurnalistik Pertamina (AJP) Tahun 2023 lalu, itupun bagi peserta yang mengangkat tema terkait PT. KPI RU II Dumai sahaja, diluar itu meski ikut AJP tidak kita sertakan". sambung Agus yang baru saja dilantik sebagai Ketua KONI Kota Dumai.

"Jika ada penilaian dari rekan-rekan Jurnalis terjadi pemilahan untuk Wisata keluar Daerah itu tidak benar, ada kriteria dan itu seperti disampaikan barusan, saya rasa hanya karena miss komunikasi sahaja sehingga terbit pemberitaan demikian". sampainya lagi.

Agus berharap dengan penjelasan ini, semua menjadi clear dan tidak ada lagi kasak-kusuk terkait Wisata untuk rekan-rekan Jurnalis.

"Tidak perlu diperdebatkan lagi, dengan penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan banyak pihak, kurang informasi saja sehingga menjadi ribut, niat Pertamina bagus untuk apresiasi rekan Jurnalis, tetapi entah kenapa jadi seperti itu, ya sudahlah saya rasa semua jelas sekarang dan tidak perlu dipertikai lagi" pungkasnya seraya mengakhiri percakapan telepon sekira Pukul 11:15 Wib.  

Diberitakan bahwa PT. KPI RU II Dumai akan memberangkatkan puluhan Wartawan ke Kota Malang. Wartawan yang diikutsertakan adalah yang mengikuti AJP 2023 itupun bagi yang mengangkat pemberitaan terkait Kilang Pertamina Dumai.

Diluar itu tidak akan ikut diberangkatkan dalam agenda Wisata keluar Daerah. Namun karena ada narasi menyatakan bahwa terjadi pemilihan atau pilih-pilih maka sempat "Booming" dan menjadi perdebatan dikalangan awak media tempatan.***(LPC)