Kasus Penyelundupan Kendaraan Bermotor Lintas Negara, Polresta Pati Terus Lakukan Pengembangan

Kamis, 21 Desember 2023

Pati (Jateng), LPC

Polresta Pati akan terus melakukan pengembangan kasus penyelundupan kendaraan bermotor ke Timor Leste, meskipun sudah ada 8 tersangka yang ditetapkan.

"Saat ini masih proses penyidikan di Polresta Pati." Kata Kasat Reskrim Polresta Pati, Kompol Onkoseno Gradiarso Sukahar kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (20/12/2023)

Onkoseno mengaku, kasus penadahan kendaraan bermotor yang diduga akan dikirim ke luar negeri adalah hasil pengembangan jaringan di Pati.

"Awalnya penangkalan 2 orang di Pati, kemudian kita kembangkan menangkap lagi 2 orang di Boyolali." Ungkapnya

Tak hanya itu, Onkoseno menjelaskan, para pelaku mempunyai peran masing-masing dalam melancarkan aksinya, sebab mereka ini satu jaringan.

"Yang di Pati ini berperan untuk megumpulkan kendaraan hasil kejahatan, dari Pati kemudian disalurkan pihak yang dari Boyolali, dari situ masih disalurkan pihak lain lagi yang saat ini masih proses pendalaman." Jelasnya

Saat ini. Lanjut Onkoseno, dari tangan para tersangka, Polisi berhasil mengamankan puluhan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

"Dari hasil opersai kita mengamankan kendaraan roda dua sekitar 20 dan roda empat sekitar 10." Ujarnya

Sejauh ini, Polisi sudah mendata dan mencari identitasnya pemilik kendaraan bermotor tangan pertamanya.

"Kita sudah mengirim undangan, ada dua orang yang  dari Pati sudah mengambil kendaraanya (sepeda motor-red), yang lain sudah ada identistas kendaraanya, tapi belum diambil." Pungkasnya***

Penulis : Yusuf