Antusias Tinggi dari Personil Kodim 0320/Dumai Dalam Mengikuti Seminar Fotografer Yang Menghadirkan Dosen UIR

Selasa, 05 Desember 2023

Kota Dumai (Riau), LPC

Kodim 0320/Dumai menggelar seminar fotografi jurnalistik bagi personel Kodim 0320/Dumai, Selasa (5/12/2023).

Seminar ini dilaksanakan di Aula Sudirman Kodim 0320/Dumai, Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Hadir dalam kegiatan ini, Dr. Eko Haro, M.Soc.Sc., dosen jurnalistik Universitas Islam Riau (UIR) Fakultas Ilmu Komunikasi, Kapten Arh Yopi Pratama, Pasiper Kodim 0320/Dumai, dan peserta seminar fotografi jurnalistik personel Kodim 0320/Dumai.

Dalam sambutannya, Dandim 0320/Dumai, Letkol Inf Antony Tri Wibowo, yang diwakili oleh Lettu Inf Ediyanto, Pasi Intel Kodim 0320/Dumai, mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi fotografer karena setiap foto memiliki nilai seni yang tinggi serta memiliki makna yang luas.

"Oleh karena itu, mari kita laksanakan dan kita dengarkan seminar ini dengan baik dan serius," kata Lettu Inf Ediyanto.

Dalam seminarnya, Dr. Eko Haro, M.Soc.Sc., menyampaikan materi tentang "How To Photograph Journalism In Military".

Dalam materinya, Dr. Eko Haro, M.Soc.Sc., menjelaskan bahwa fotografi jurnalistik militer memiliki tiga tujuan utama, yaitu: Laporan kegiatan: Foto harus mampu merepresentasikan kegiatan dan menjabarkan kegiatan tersebut secara utuh, Personal branding: Foto harus mampu membangun citra positif dan menghapus persepsi negatif sebelumnya, Institutions branding: Foto harus mampu melahirkan persepsi baru terhadap kinerja institusi dan memantapkan nilai-nilai yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, Dr. Eko Haro, M.Soc.Sc., juga menyampaikan beberapa syarat utama foto jurnalistik militer, antara lain, Foto harus mampu menceritakan kegiatan secara utuh (5 W + 1 H + 1 S), Foto harus mampu melahirkan persepsi baru terhadap kinerja institusi dan Foto harus mampu memantapkan nilai-nilai yang dibutuhkan masyarakat.

Dr. Eko Haro, M.Soc.Sc., juga memberikan beberapa tips bagi fotografer jurnalistik militer, yaitu, Tidak ada momen yang boleh dilewatkan, Fotografer harus mampu menciptakan momen, Fotografer harus memiliki insting penempatan diri pada posisi yang tepat, Mengabadikan momen sebanyak mungkin, untuk mendapatkan beberapa momen “juara”, Fotografer harus memiliki banyak referensi gambar, Gambar yang dihasilkan harus sering didiskusikan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan gambar, Natural akan jauh lebih indah dan menarik daripada unnatural dan Hasil gambar mewakili kualitas diri.

Kegiatan seminar fotografi jurnalistik personel Kodim 0320/Dumai ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel Kodim 0320/Dumai dalam bidang fotografi jurnalistik militer.