Tiga Anggota DPRD Pati Yang Diberhentikan Gubernur, Akan Segera di PAW

Selasa, 14 November 2023

Pati (Jateng), Lineperistiwa.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menjadwalkan rapat paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap 3 orang anggota DPRD Pati yang mengundurkan diri.

Rapat paripurna itu rencana akan dilaksanakan Jumat (17-11-2023), di ruang sidang kantor DPRD Pati.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Bambang Santoso mengatakan, Rapat Paripurna PAW ini dilakukan untuk menindak lanjuti surat dari Gubernur Jateng dengan Nomor 170/130/2023, 170/131/2023, 170/132/2023 tentang peresmian pemberhentian dan peresmian pengangkatan DPRD Kabupaten Pati masa jabatan tahun 2019-2024, yang dikirim pada 3 November 2023.

Ketiga anggota DPRD Pati yang mengundurkan diri itu yakni, Irianto Budi Utomo yang akan digantikan Sunarto, Warsiti digantikan Ahmad Baidowi, dan Muhammad Danung Sanggihaji digantikan Catur Supendi.

"Ketiga anggota DPRD Pati yang mengundurkan diri ini semua dari Partai Hanura, dan jumat nanti kita laksanakan paripurna PAW," ungkap Bambang Selasa (14/11/2023).

Dijelaskan, Ketiga orang ini sudah resmi berhenti sebagai anggota DPRD Pati berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Gubernur Jateng, namun untuk jabatannya berlaku hingga masa pelantikan PAW.

"Sejak 3 November, ketiga orang ini sudah tidak bisa mengikuti rapat, seperti rapat Banggar, Bapemperda, dan lain-lain, sedangkan untuk penggantinya juga tidak bisa, karena belum pelantikan," ujarnya.

Bambang mengaku bahwa untuk proses PAW ketiga anggota DPRD Pati ini tidak dibuat bersamaan dengan Agus Rofi'i, yang pindah ke Partai Golkar, dan sudah melaksanakan PAW sejak 19 September 2023 lalu.

Menurutnya, Untuk proses pengajuan surat pengunduran diri yang dikirim ke Provinsi tidak bersamaan, sehingga jadwal pelaksanaan PAW berbeda.

"Jadi pengiriman surat itu berbeda, intinya dari ketua partai menyurati ketua dewan, dan mana yang ada suratnya lebih dulu, maka langsung dijalankan," tambahnya.

Diketahui, Tiga anggota DPRD Pati yang mengundurkan diri untuk pindah partai, masing-masing adalah dari Dapil 1 yakni Irianto Budi Utomo yang akan digantikan Sunarto, Dapil 5 yakni Warsiti digantikan Ahmad Baidowi, dan Dapil 2 Muhammad Danung Sanggihaji digantikan Catur Supendi. (***Suf)