Masuk Bursa Calon Ketua KONI Kota Dumai, Yok Simak Siapa Saja Mereka

Senin, 13 November 2023

Ilustrasi : Lambang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kota Dumai, LPC.

Jelang berakhirnya jabatan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Dumai akhir Tahun ini memunculkan nama-nama kandidat pengganti. Beberapa nama telah mulai menyeruak ke permukaan dan digadang-gadang berpotensi menerajui Organisasi induk Olahraga tersebut.

Berdasarkan rangkuman diperoleh dari berbagai sumber dan percakapan dengan beberapa insan Olahraga di beberapa kesempatan. Ada 5 (Lima) nama disebut-sebut, kelimanya memiliki persamaan yaitu sebagai Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) yang terdaftar pada KONI Dumai. Nama-nama tersebut bukan orang baru dalam blantika Olahraga di Kota Idaman ini.

Pertama, Riau Satrya Alamsyah, ST., MT., saat ini memimpin Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Kota Dumai. Pria yang akrab disapa Rio tersebut masuk dalam radar Calon Ketua KONI Periode mendatang. Kadis PUPR Kota Dumai tersebut beberapa kali terpantau namanya dikait-kaitkan pada suksesi Ketua KONI mendatang penganti H. Khairuddin.

Kedua, Muhammad Ali Akbar, sekarang ini menjabat sebagai Sekretaris Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PERSEROSI) Kota Dumai. Seperti halnya Rio pria yang akrab disapa Akang Ulong tersebut juga dinominasikan calon berpotensi memimpin KONI Dumai. Dalam bidang Olahraga telah beberapa kali namanya didapuk sebagai Panitia Penyelengara. Sehingga pantas jika sosok berprofesi sebagai Kontraktor itu di perhitungkan juga sebagai kandidat kuat Ketua KONI kelak.

Ketiga, Said Effendi, SE., yang baru saja didapuk sebagai Ketua Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Dumai. Said sapaannya bukan orang baru dalam Dunia ke-olahragaan di Kota Dumai. Selain aktif menjadi pengurus Sepakbola beliau juga termasuk pecinta Olahraga salah satunya Otomotif. Sehingga tidak mengherankan jika nama Kadis Perhubungan itu muncul juga sebagai Calon Ketua KONI Dumai.

Keempat, Agustiawan, ST., Pria yang malang-melintang pada Olahraga Panahan itu tidak diragukan lagi kapasitasnya, Tidak terbilang prestasi direngkuh Atlet Panahan terutama pada usia Dini semenjak ia menjabat sebagai Ketua Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kota Dumai. Layak dan pantas jika pria yang kesehariannya berkiprah sebagai Humas pada PT. Pertamina Refenery Unit (RU) II Dumai. Karena pengalaman yang segudang dalam dunia Olahraga menjadi jaminan kemampuannya untuk bersaing memperebutkan jabatan Ketua KONI Dumai.

Kelima atau terakhir untuk saat ini sebagai Calon Ketua KONI yang juga disebut-sebut adalah Jefrizal, Jabatan sekarang sebagai Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kota Dumai. Meski terbilang baru sosoknya juga ikut meramaikan bursa pencalonan Ketua KONI kelak.

Nah! itulah sementara nama-nama yang awak media dapati dari beberapa percakapan di Kedai Kopi dan Tongkrongan lain. Di gadang-gadang sebagai Calon berpotensi maju pada pemilihan Ketua KONI untuk Periode akan datang. Tidak menutup kemungkinan akan menyusul nama lain seiring waktu pemilihan berlangsung.

Terkait Kelima nama diatas salah satu warga menanggapi dan intinya siapa saja boleh serta bisa di Calonkan. Namun hendaknya sosok yang punya tekad kuat memajukan Olahraga di Dumai, bukan mengejar jabatan tetapi mengejar dan mendidik Atlit agar berprestasi.

"Siapapun boleh dicalonkan ikut pemilihan Ketua KONI Dumai mendatang, tidak ada larangan tetapi tentu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, terlebih Kelima nama  diatas bukan orang baru dalam Dunia Olahraga dan masing-masing memiliki pengalaman sebagai pengurus pada salah satu Cabor, ada kelebihan dan ada kekurangan waktu menjawab apa mereka layak dicalonkan menjadi Ketua KONI". ungkap David Senin, (13/11/2023).

"Namun harapan tentunya siapapun terpilih kelak adalah sosok tepat yang bisa memajukan Olahraga di Dumai, karena selama ini prestasi Atlit-Atlit Dumai kurang begitu bersinar perlu sosok yang tepat untuk dipilih jangan asal pilih, agar Dunia Olahraga Dumai bisa berbicara pada event Provinsi atau Nasional bahkan Internasional". harap Pria berkacamata itu pada salah satu warung kopi.

Tahun depan Pekan Olahraga Provinsi Riau (Porprov Riau) menunggu, sehingga sosok Ketua KONI Dumai mendatang haruslah yang mumpuni. Menarik, menjelang berakhirnya kepengurusan telah bermunculan nama-nama kandidat dan pastinya akan disusul nama-nama lain.

Awak media belum menghubungi Kelima nama diatas terkait digadang-gadang oleh beberapa pihak sebagai Calon Ketua KONI. Karena bukan yang bersangkutan langsung menyatakan tetapi beberapa insan Olahraga. Pun baru sebatas wacana oleh beberapa pihak, terlalu prematur membahas detailnya. Seiring berjalan waktu dan semakin intens pembicaraan maka awak media akan meminta tanggapan mereka diatas secara Eksklusif. 

Apapun itu sebagaimana harapan warga diatas bahwa sosok terpilih kelak harus bisa memajukan Dunia Olahraga di Dumai. Membina dan mengali potensi Atlit-Atlit tempatan bisa berbicara lebih dalam blantika Olahraga Nasional maupun Internasional.

Ketua terpilih kelak juga diharapkan bisa bersinergi dengan semua pihak terutama Eksekutif dan Legislatif yaitu terkait penganggaran. Selama ini menurut beberapa pihak menjadi titik lemah sehingga Anggaran jauh dari memadai, tidak heran jika Dunia Olahraga di Dumai jauh dari prestasi. Apapun itu dalam Dunia Olahraga hal paling utama dan terutama soal pendanaan. Omong kosong jika berbicara prestasi dan tetek bengek lainnya jika Anggarannya minim.***(LPC)