Fokus Dalam Mencegah Karhutla, Babinsa Koramil 06 Merbau Ajak Serta Peran Masyarakat

Senin, 13 November 2023

Bengkalis (Riau), LPC

Dalam upaya pencegahan karhutla di Wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) yang rutin dilakukan oleh Babinsa menjadi salah satu strategi yang diterapkan. 

Kali ini, patroli dilaksanakan di lahan bergambut kering Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pelda A. Nababan dan Kopda Ricko, Babinsa Koramil 06/Merbau, bersama masyarakat, aktif terlibat dalam patroli tersebut.

Dalam setiap pelaksanaan patroli, Pelda A. Nababan memberikan himbauan kepada masyarakat yang mereka temui. Himbauan tersebut mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Dedap. 

"Fokusnya adalah pada titik-titik tertentu yang rawan dengan kebakaran," Ujar Babinsa.

Pelda A. Nababan menekankan pentingnya himbauan dan sosialisasi ini. Tujuannya agar masyarakat memahami bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar. 

Tindakan tersebut tidak hanya merugikan secara ekologis, tetapi juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Babinsa menegaskan bahwa hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran hukum yang dapat dipidanakan.