Babinsa Koramil 06 Merbau Ajak Masyarakat Sesering Mungkin Mengecek Wilayahnya Untuk Mencegah Karhutla

Ahad, 12 November 2023

Bengkalis (Riau), LPC

Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, Serda Ansari dan Serda Syahrul Ismail, melaksanakan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat Desa Padang Kamal, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, (12/11/2023).

Kegiatan patroli dan komsos ini rutin dilakukan oleh babinsa, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Wilayah Koramil 06/Merbau.

Pada kesempatan itu, Serda Ansari mengajak masyarakat untuk sesering mungkin melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat serta jangan sesekali membuka lahan dengan cara dibakar.

"Wilayah kita ini sangat rentan terhadap terjadinya karhutla. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya karhutla," ujar Serda Ansari.

Babinsa juga sudah rutin dengan bersinergi bersama aparat di wilayah untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar lakukan pencegahan dan antisipasi apabila terjadinya karhutla.

"Selain patroli, kami juga gencar melakukan sosialisasi kepada warga agar bersama-sama mencegah terjadinya karhutla. Salah satu yang ditekankan adalah agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," kata Serda Ansari.

Masyarakat Desa Padang Kamal sangat mendukung kegiatan patroli dan komsos yang dilakukan oleh babinsa. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan agar dapat mencegah terjadinya karhutla di wilayah mereka.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini. Dengan adanya patroli dan komsos, kami bisa lebih memahami bahaya karhutla dan cara mencegahnya," kata salah seorang warga, Andi.