Proses Penjaringan, Kades Teluk Aur Harap Dapat Meningkatkan Kompetensi Perangkat Desa

Selasa, 31 Oktober 2023

Rohul (Riau), Lineperistiwa.com - Di era globalisasi ini, tuntutan akan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) terus meningkat. Bahkan dalam lingkup aparatur pemerintahan desa sekalipun, dibutuhkan skill dan knowledge untuk dapat meningkatkan standarisasi pelayanan khusus untuk masyarakat.

Sadar akan hal ini, Kades Teluk Aur, Muslim SH melakukan kegiatan penjaringan perangkat desa untuk mengisi kekosongan di salah satu posisi dalam struktur pemerintahan desa.

Lewat liputan Linepristiwa.com- Senin (30/10), bertempat di Aula Kantor Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilakukan proses penjaringan perangkat desa..Proses penjaringan, Kades Teluk Aur, Muslim SH mengatakan proses penjaringan telah melalui berbagai tahapan.

"Peserta yang mengikuti proses penjaringan sudah melewati tahapan kualifikasi, dari mulai pendaftaran via online sampai proses interview di tahap akhir", terang Muslim, sapaan akrabnya.

Muslim juga mengatakan seluruh test, mulai dari psikotest, pemahaman tupoksi jabatan sampai interview dilakukan dengan menetapkan standar kompetensi yang tinggi. "Ini kita lakukan agar mendapat SDM perangkat desa yang berkualitas dan mampu mengikuti teknologi perkembangan zaman", dijelaskan Muslim lagi.

Proses penjaringan perangkat Desa Teluk Aur ini dihadiri selain oleh Kades beserta staf, juga terdapat Panitia Kegiatan, BPD, dan tiga orang peserta Kegiatan. Untuk peserta, adapun yang lolos dari kualifikasi pendaftaran, diketahui atas nama Afbrilian Aztin Aziz, ST, lalu Septi Mutiara dan Rifka Zahera.

Ke depan Kades Teluk Aur berharap setiap perangkat desa dapat meningkatkan mutu dan kompetensi diri masing - masing. "Hal ini sangat diperlukan agar  berdampak pada kualitas pelayanan pemdes kepada setiap masyarakat Desa Teluk Aur", ucap Muslim.

Terkait proses penjaringan yang berlangsung dari pagi sampai siang, diselingi waktu istirahat, Muslim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan Kegiatan ini. "Alhamdulillah pelaksanaan ujian penjaringan kali ini berjalan tertib, lancar dan transparan sesuai harapan", tutup Muslim.(***Ronggur.G),