Satgas TMMD ke 118 Bersihkan TPU

Sabtu, 23 September 2023

Bengkalis (Riau), LPC

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 wilayah Kodim 0303 Bengkalis bersama gugus depan Pramuka SMKN 3 Mandau membersihkan Taman Pemakaman Umum (TPU) Muslim di Simpang Puncak, Sabtu (23/9).

Kegiatan ini dipimpin oleh Dan SSK Letda. Arh. Sumaryono bersama Provost Serda Hanoto, Serda Surya Pratama, Praka Hendra Kusuma serta 15 anak pramuka. Karya bhakti ini dilaksanakan sebagai wujud pelestarian kearifan lokal untuk terus menjadikan TPU lebih asri, bersih dan nyaman terhadap para keluarga atau masyarakat yang berkunjung untuk berziarah.

"Sebagai wujud melestarikan kearifan lokal di sekitar lokasi berlangsungnya kegiatan TMMD tahun ini, kita bersama anak-anak pramuka lakukan pembersihan TPU supaya lebih bersih dan elok dipandang. Dengan kebersihan yang terjaga, stigma seramnya kuburan bisa hilang, dengan demikian setiap warga yang datang untuk nyekar bisa lebih nyaman," kata Letda Sumaryono.

Pihaknya juga berharap agar aksi yang dilakukan ini bisa menjadi contoh baik dan terus digalakkan oleh masyarakat. Sehingga keberlanjutan pelestarian kearifan lokal bisa terus terjaga sebagai bukti sejarah peradaban masyarakat di Negeri Junjungan.

Dalam kegiatan ini, para peserta membersihkan rumput liar, sampah, dan puing-puing yang ada di TPU. Selain itu, mereka juga melakukan pengecatan ulang pagar TPU dan pemasangan papan nama.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. Mereka mengapresiasi upaya Satgas TMMD dan Pramuka dalam menjaga kebersihan dan keindahan TPU.

"Terima kasih kepada Satgas TMMD dan Pramuka yang telah membersihkan TPU ini. Sekarang TPU kita sudah terlihat lebih bersih dan nyaman," kata salah seorang warga yang mengikuti giat ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI dan Pramuka terhadap pelestarian budaya dan kearifan lokal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.