PT Trimitra Lestari Abaikan Somasi Pertama Dan Ke Dua Masyarakat Kelompok Tani Mandiri

Senin, 22 Mei 2023

Tanjabar (Jambi), Lineperistiwa.com

PT Trimitra Lestari abaikan surat somasi pertama dan kedua yang dikirimkan melalui kuasa hukum kelompok tani Mandiri Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Surat Somasi tersebut terkait dengan lahan tanah masyarakat yang belasan tahun digarap oleh perusahaan PT Trimitra Lestari.

Nurudin yang diberi kuasa oleh kelompok tani Mandiri untuk membantu penyelesaian permasalahan tersebut saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin.

"Saya akan berupaya dan berusaha semaksimal mungkin beserta anggota kelompok tani tersebut beritikad baik dalam penyelesaian masalah ini," ungkapnya.

Disampaikannya bahwa melalui kuasa hukum mereka dari mulai bulan puasa hingga saat ini sudah dua kali mengirimkan surat somasi. Tapi dari pihak perusahaan tidak ada tanggapan sama sekali.

"Selanjutnya dalam isi surat somasi kedua tersebut dicantumkan apabila tidak ada tanggapan dan tidak bisa dipertemukan dengan pimpinan perusahaan atau yang mewakili maka kami beserta anggota kelompok tani dan didampingi oleh tim kuasa hukum akan melakukan aksi damai," jelasnya.

Sesuai isi surat somasi kedua yang telah dikirimkan, lanjutnya, pihaknya akan memblokade jalan akses menuju ke pabrik kebun PT Trimitra Lestari hingga ada tanggapan dan dipertemukan  dengan pihak perusahaan.

"Kami akan memblokade jalan menuju pabrik, hingga dipertemukan dengan pihak perusahaan guna untuk bermusyawarah membicarakan permasalahan yang selama ini sangat merugikan masyarakat kelompok tani Mandiri beserta anggota," tuturnya.

"Dalam hal ini tentu kita sebagai masyarakat juga tidak grusa grusu, semua akan kita persiapkan dulu seperti halnya membuat dan menyampaikan surat pemberitahuan aksi damai yang akan kita kirimkan ke pihak-pihak terkait termasuk untuk perusahaan PT Trimitra Lestari sendiri," lanjutnya.

Dirinya berharap agar dari pihak perusahaan segera menanggapi yang mana kami atas nama masyarakat kelompok tani Mandiri merasa sangat di rugikan.

Untuk menindaklanjuti semua ini kami atas nama kelompok tani Mandiri akan segera dan secepatnya membuat surat pemberitahuan aksi damai, agar supaya masyarakat bisa langsung turun ke lapangan sesuai rencana yang sudah di sepakati bersama oleh kelompok tani tersebut," tutup Nuruddin mengakhiri. (***LPC)