Antisipasi Karlahut, Polsek Tandun Bersama Stakeholder Laksanakan Apel Kesiapsiagaan penanggulangan Karlahut

Jumat, 12 Mei 2023

Rohul (Riau), Lineperistiwa.com

Guna mengantisipasi terjadinya bencana Karlahut (kebakaran lahan dan hutan, tim gabungan laksanakan apel kesiapsiagaan penanggulangan Karlahut di wilayah Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Apel kesiapsiagaan penanggulangan Karlahut kali ini dilaksanakan di halaman Mapolsek Tandun, pada Kamis (11/5/2023) sekitar pukul 09.00 s/d pukul 10.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla Kapolsek Tandun IPTU Ulik Iwanto, S.H., Camat Tandun M. Rodi, S.Sos, Danramil 08/TDN diwakili oleh PELTU Mukhsin, Kasipem Kec. Tandun Imam Wahyudi, Tim Kesehatan dari Puskesmas I Tandun, Tim Kesehatan dari Puskesmas II Tandun.

Adapun peserta apel pada giat tersebut adalah 1 SST Personil Polsek Tandun, 1 SST Personil TNI 08 / TDN, 1 SST Manggala Agni DLH Prov. Riau, 1 SST Karyawan PTPN V Sei. Tapung, 1 SST Gabungan MPA Desa se Kec. Tandun.

Adapun Amanat dan Penyampaian Pimpinan Apel dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Apel yang kita laksanakan hari ini merupakan tindak lanjut dari Rapat yang kita laksanakan bersama dengan bapak Bupati Rokan Hulu beberapa waktu yang lalu untuk penanganan karlahut di wilayah Kab. Rokan Hulu ini.

2. Dalam kegiatan Apel ini kita juga sudah menyiapkan alat-alat untuk penanggulangan Karlahut dan alat tersebut bisa kita gunakan apabila sewaktu - waktu terjadi Karlahut.

3. Untuk menanggulangi Karlahut di kec. Tandun nantinya kita juga akan memberikan himbauan - himbauan dengan memasang spanduk - spanduk larangan pembakaran lahan dan hutan yang diletakkan di tempat - tempat yang strategis sehingga dapat di baca oleh Para pelaku yang berniat membakar.

4. Dalam Permasalahan Karlahut, Untuk kecamatan Tandun ini merupakan wilayah yang di pantau dan rawan Karlahut sehingga kita harus betul - betul bekerja keras untuk memantau dan memadamkan api apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita ini.

5. Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau sehingga di perkirakan rawan kebakaran lahan dan hutan, untuk itu kita harus ekstra melakukan himbauan untuk tidak membakar lahan dan hutan kepada seluruh masyarakat.

Dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla wilayah Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu juga disiapkan Posko pengecekan kesehatan untuk seluruh Peserta Apel oleh Tim Puskesmas I Tandun dan Tim Puskesmas II Tandun. (***LPC)