Sosialisasi Dan Pengukuhan Kampung Tangguh Bersinar Desa Tamanrejo Tunjungan Blora

Sabtu, 06 Mei 2023

Blora (Jateng), LPC

Kegiatan Sosialisasi dan Pengukuhan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) Polres Blora yang dilaksanakan di Balai desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan,Kabupaten Blora pada hari Jumat, (05/05/2023).

Kades Tamanrejo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora Suratman mengucapkan Terimakasih kepada jajaran polres yang telah mengadakan Sosialisasi tentang bahaya narkoba dan pada malam ini pembentukan kampung tangguh bersinar bebas narkoba di desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Blora.

Harapan kades agar desa tamanrejo ini khususnya untuk adik-adik pemuda pemudi yang masih mempunyai tujuan cita -cita sangat tinggi agar tidak ikut baik itu mengkonsumsi apalagi ikut mengedarkan sehingga apa yang menjadi program polres tentang tindakan untuk pembebasan narkoba ini menjadi tercapai."harapnya"

Hadir dalam acara Forkopincam,Karang Taruna, Kasat Narkoba beserta jajaran,kepala desa Tamanrejo,ketua PKK,Babinsa,Bhabinkamtibmas sehingga kegiatan berjalan lancar.

Camat tunjungan yang di wakili oleh Jasmani Mantri polisi Kecamatan Tunjangan 
menyampaikan terima kasih ada kasat narkoba yang sudah mengupayakan dengan adanya kampung tangguh 
Karena narkoba adalah potensi akan merusak . Harapan kami mari bersama menghentikan atau antisipasi adanya narkoba. Sentra pendidikan adalah desa. Tamamrejo tunjungan maka dari itu kita harus menhentikan narkoba dan menjadi kampung tangguh bersinar.ucapnya"

Salah satu peserta dari karangtaruna menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kades Tamanrejo tentang apa tujuan di bentuknya pengukuhan kampung tangguh narkoba yaitu mengantisipasi masuknya obat obatan terlarang di desa tamanrejo yaiitu narkoba.jawabnya"

Kasat Narkoba Polres Blora, AKP Edi Santoso mengatakan, jadi dengan kaitan program pemerintah Rencana Aksi Nasional, dipandang perlu  dibentuk kampung bersih narkoba, ini program dari Kepolisian yang bertujuan mendeteksi lebih dini atau pencegahan peredaran narkotika termasuk bahan narkoba lainnya.

Disinggung terkait pelaksanaan pembentukan kampung bersih narkoba di Blora, dia mengatakan bahwa, untuk percontohan baru pertama kali ini untuk di Desa Tamanrejo di tahun 2023.

"Sebelumnya sudah pernah di Keluaran Kauman, Kecamatan Blora kota di tahun 2022. Untuk tahun ini sebagai percontohan di Desa Tamanrejo, Kecamatan Tunjungan,"

Dia berharap, ini kedepan supaya bisa menjadi embrio untuk desa-desa lain dengan dibentuknya kampung bersih narkoba ini. Serta bisa ditiru desa-desa lain yang ada di Kabupaten Blora yang tujuannya sama yaitu mencegah peredaran narkoba. Sehingga ini akan membantu petugas untuk mendeteksi awal beredarnya narkoba di wilayah masing-masing desa.

Disinggung terkait pelaksanaan pembentukan kampung tangguh ini akan dilaksanakan di semua desa di Blora, ia menjelaskan akan kami koordinasikan dengan masing-masing kecamatan, supaya menjadi contoh bahwa, Desa Tamanrejo ini menjadi contoh desa yang lain untuk dibentuknya kampung 'Bersinar' (Bersih Narkoba).

Dia menambahkan untuk tahun 2023 ini ada 6 kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Blora.

"Di tahun 2023 ini yang sudah kami tangani ada 6 kasus kaitannya dengan narkotika, terutama sabu,"

"Dan terakhir kami kemarin menangani kasus sabu di Desa Tambahrejo, Kecamatan Blora kota, di bulan puasa kemarin kita amankan juga,"

Untuk yang kasus narkoba terutama sabu, kemarin sudah ada beberapa yang kita rehabilitasi yang memang itu ada ketentuan-ketentuan pokok yang untuk pengguna itu bisa kita rehabilitasi. Ada beberapa persyaratan yang bisa kami laksanakan bagi seseorang untuk kita ajukan rehabilitasi, ini ada ketentuannya.pungkasnya"

***Lilis Kabiro Blora