Lestarikan Budaya Lokal, Partai Perindo Dumai Beri Bantuan Lampu Colok Pemuda Kelurahan Guntung

Selasa, 11 April 2023

Kota Dumai (Riau), LPC

Festival lampu colok merupakan budaya lokal masyarakat kota dumai yang di adakan pada setiap bulan suci Ramadhan di malam 27 Ramadhan, sempat terhenti pada pandemi covid tahun 2021 lalu, kini Festival Lampu Colok kembali di laksanakan oleh pemko dumai.

Tradisi Lampu colok ini memiliki arti tersendiri bagi warga Kelurahan Guntung, Dulunya, lampu colok ini merupakan sarana penerang jalan bagi warga yang ingin membayar zakat Fitrah setiap malam 27 Ramadan ke rumah masyarakat atau Musholla atau Masjid.

Kala itu, infrastruktur di Guntung tidak seperti saat ini, Jalan-jalan masih sunyi dan semak kiri kanan, Lampu coloklah guna menerangi jalan, untuk menghindari bahaya.

Karna perduli terhadap kelestarian budaya lokal lampu colok malam 27 Ramadhan kelurahan Guntung, Jajaran Dewan Pimpinan Daerah Partai Perindo Kota Dumai turut berpartisipasi dengan memberikan bantuan berupa uang tunai, untuk mendukung pemuda pemudi agar pembuatan kerangka lampu colok selesai pada waktu yang di tentukan.

Hal ini di jelaskan langsung pada salah seorang tokoh pemuda yang kerap di sapa Muh, pemuda ini sangat mengapresiasi Partai Bernomor 16 ini karna ikut perduli atas kelestarian budaya lampu colok kota Dumai.

"Saya sangat bangga dengan partai perindo, dan saya apresiasi atas keperdulian partai ini dalam mendukung kegiatan pemuda pemudi kelurahan guntung dalam pelestarian budaya lampu colok" Ucap Tokoh Pemuda Guntung ini.

Tak hanya ini, Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kota dumai sebelumnya juga melakukan hal yang sama di beberapa daerah Kota Dumai, seperti kelurahan Purnama, Kelurahan Mundam, dan beberapa kelurahan lainnya.

Ini di jelaskan langsung oleh Bendahara Dewan Pimpinan Derah (DPD) Partai Perindo kota Dumai Ir. Sarma Aries Lumban Gaol pada sa'at di wawancarai Awak Media.

"Kita melakukan ini atas keperdulian Partai Perindo Terhadap kelestarian Budaya Melayu Lampu Colok yang di adakan Pada 27 Ramadhan, dan kegiatan ini kami laksanakan di beberapa kelurahan seperti Purnama, Mundam dan Kelurahan Lain nya untuk memulihkan semangat Pemuda Pemudi Kota dumai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai  positif", tandas Sarma Aries.***