'Kaget' Terdengar Ledakan Dahsyat Bersumber Dari Kilang RU ll Pertamina Dumai

Ahad, 02 April 2023

Kota Dumai.(Riau), Lineperistiwa.com

Sabtu malam sekira pukul 22.30 WIB, warga Dumai dikagetkan dengan suara dentuman dahsyat. Tak pelak warga yang sebahagian besar beristirahat dalam rumah bergegas keluar untuk memastikan asal suara dentuman.

Ternyata suara dentuman yang terdengar sampai ke Wilayah Purnama dan Pulau Rupat berasal dari Kilang Minyak Puteri Tujuh.

Setelah mengetahui asal suara, warga berbondong-bondong mengarah ke Kilang Pertamina Refinery Unit ll.

Karena antusiasnya warga ingin menyaksikan asal muasal suara dan penyebab ledakan sehingga terjadi kemecatan arus lalu-lintas (lalin). Kemacatan terutama pada ruas Jalan dari arah Jalan Janur Kuning sampai arah putar balik menuju Pintu 1 dan Pintu ll. Atau tepatnya di depan SPBU Pertamina Putri Tujuh, bahkan arus lalin mendekati Pintu l dipasang pembatas Jalan Road Barrier.

Yang mobil-mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berseliweran, selain itu Petugas Kepolisian sibuk mengatur arus lalin yang didapati warga Dumai. Ambulance juga terpantau beberapa kali keluar dari arah Kilang namun tidak bisa dipastikan apakah membawa korban.

Karena belum ada rilis resmi dari pihak Pertamina RU II terkait bunyi ledakan yang mengelegar. Namun dari beberapa warga yang awak media tanyai apa yang telah terjadi. Menyebut ada kebakaran salah satu Tangki namun warga tersebut juga tidak bisa memastikan secara detail.

"Kayaknya ada Tangki yang terbakar namun tidak tahu pasti Tangki yang mana satu begitupula dengan penyebabnya, cuma tadi terlihat ada api yang membumbung tinggi". ungkap warga yang awak media temui di depan Kilang Pertamina.

Sekitar Pukul 22.30 Wib awak media melihat Walikota Dumai Paisal SKM., MARS terlihat memasuki Kilang Pertamina Putri Tujuh. Sesaat setelah turun dari mobil warna putih Walikota menyeberang, disambut beberapa petugas dan dibawa kearah Pintu l.

Terkait suara dentuman sampai ke Purnama dan Pulau Rupat, ada kawan yang berdomisili disana menghubungi seraya bertanya bahwa ada dentuman keras terdengar.

"Bang apa yang meledak di Dumai barusan terdengar sampai kesini (Purnama), mengelegar bunyinya". ungkap David rekan media yang berdomisili di Purnama.

Sedangkan salah satu rekan Pers menyebut suara dentuman sampai ke Pulau Rupat bahkan disebutkannya kaca salah satu bangunan Pelindo ada yang pecah.

"Kilang Pertamina meledak Pertamina Kan 22.30 meledak kaca kantor Pelindo pecah, suara ledakan sampai ke Pulau Rupat". sebut rekan Pers bernama Purba melalui pesan WhatsAap.

Sampai berita ini rilis belum didapat informasi valid penyebab ledakan dan apakah ada korban jiwa. Namun yang pasti ledakan terjadi pada hari kesebelas umat Muslim menjalankan ibadah Puasa mengagetkan banyak warga.

Salah satu warga yang awak media temui mengaku berdomisili sekitaran Jayamukti kepada awak media merasa takut dan was-was, karena teringat kejadian yang belum lama terjadi yaitu meledaknya Depo Pertamina Plumpang.

"Jadi merasa takut dan was-was karena belum lama terjadi kebakaran Depo Pertamina di Jakarta, jadi agak trauma karena banyak korban, semoga jangan terjadi sama kita di Dumai, kalau ada korban sedih kita Bang apalagi saat ini sedang Bulan Ramadhan, ya Allah lindungilah kita dari mara bahaya". ungkap warga bernama Wulan dengan raut sedih.***


Penulis : Zainal Arifin
Editor : lwan, Nst