TNI Polri Bersinergi Dalam Kegiatan Sedekah Bumi Desa Janjang Blora

Jumat, 03 Maret 2023

Blora (Jateng), LPC

Bancaan atau manganan Desa Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora di laksanakan di Pesarean Mbah Janjang pada hari Jumat (03/03/2023).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimcam Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora serta para pengunjung yang berasal dari lain Kabupaten.

Kapolsek Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Iptu Zaenul Arifin menyampaikan ini adalah kegiatan setahun sekali desa Janjang yaitu manganan atau sedekah bumi yang tempatnya dilokasi makam Wali Allah Mbah Janjang Eyang Jati Kusuma dan Jati Suoro.

"Dan nanti ini ada syukuran bancaan bersama yang mana bancaan tersebut dari masyarakat dan kembali ke masyarakat lagi. Kami juga menghimbau pada masyarakat yang datang di desa Janjang ini untuk selalu jaga keselamatan, keamanan karena ini juga ada warga dari luar daerah yang ikut meramaikan bancaan yang berupa nasi, ingkung juga jajanan. Kami juga berharap setelah ada bancaan bersama semoga masyarakat dan kita semua mendapatkan berkah kesehatan, keselamatan,keamanan serta rezeki", tuturnya.

Salah satu pengunjung Rudi dari Bojonegoro Jawa Timur ikut senang dan bersyukur dengan adanya manganan di desa Janjang karena ikut mendapatkan rejeki yaitu nasi, jajanan, ingkung,semoga desa Janjang selalu makmur agar bisa lebih besar lagi dalam berbagi.

Dalam hal ini Danramil Jiken Sugiyanto menambahkan untuk kegiatan ritual di Mbah Janjang ini merupakan kegiatan rutin para warga yang di adakan tiap tahun yang intinya untuk rasa bersyukur warga Janjang dan sekitarnya atas limpahan anugrah, rejeki yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa dan segala keinginan yang di harapkan oleh warga banyak yang dicapai. Dengan melaksanakan tasyakuran yang di kenal dengan manganan.

"Harapan kami semoga kedepan akan tetap berlangsung yang akan membawa perubahan untuk seluruh warga Janjang khususnya dan warga Kabupaten Blora", pungkasnya.

***Lilis Kabiro Blora