Santri TPQ Masjid Ji'rona Tadabbur Alam Di Pantai Koneng Teluk Makmur

Ahad, 26 Juni 2022

Kota Dumai (Riau), LPC

Tadabbur Alam adalah melihat dan merenungi indahnya ciptaan Allah SWT baik di langit maupun dimuka bumi.

Tujuan dari Tadabbur Alam ini untuk lebih mengenal dan lebih dekat dengan alam secara langsung, sehingga bisa menjaga dan melestarikan keberadaannya.

Sebanyak 106 santri TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) Masjid Ji'rona kelurahan Bukit Timah kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai mengukuti kegiatan Tadabbur Alam di Pantai Koneng Teluk Makmur pada hari Ahad ( 26/06/2022).

Terlaksananya kegiatan diawali dengan keberangkatan rombongan santri bersama guru TPQ di ikuti oleh orang tua santri dari Masjid Ji'rona sekitar pukul 08.00 WIB.

Diawal acara setibanya di pantai Koneng, Ustadz Yusnaidi memberikan ceramah kepada para santri TPQ 

"Tadabbur alam adalah sebuah proses untuk merenungi dan menghayati segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, yang telah diciptakan oleh Allah SWT agar kita bisa menjaga dan melestarikan keberadaannya", ungkap ustadz.

Setelah mendengarkan ceramah, seluruh santri yang terlihat penuh kegembiraan dan keceriaan mengikuti kegiatan perlombaan di bimbing langsung oleh guru-guru dengan didampingi kepala TPQ Yusnizar SAg dan guru lainnya.

Guru TPQ Aisyah dan Uwita membimbing perlombaan seperti lomba menyusun waktu sholat wajib lima waktu, lomba mewarnai kaligrafi dan menyusun Asmaul Husna.

Menyusun waktu Sholat Wajib lima waktu di perlombakan untuk santri yang duduk di kelas 1 (satu) dan kelas 2 (dua). Lomba mewarnai kaligrafi di ikuti kelas 3 (tiga) dan kelas 4 (empat). Sementara untuk lomba menyusun Asmaul Husna di ikuti oleh kelas 5 (lima) dan kelas 6 (enam).

H Samsudin pendiri TPQ Masjid Ji'rona dan juga di kenal sebagai tokoh masyarakat kelurahan Bukit Timah disela-sela kegiatan mengatakan, Tadabbur Alam yang di selenggarakan ini sangat bermanfaat.

"Tadabbur Alam ini salah satu program tahunan di TPQ Masjid Ji'rona. Insya Allah panjang umur, murah rezeki dan diberi kesehatan oleh Allah SWT kita akan melaksanakan kegiatan kembali dengan tema yang berbeda untuk menambah wawasan dan pengalaman santri", harap H Samsudin.

Kepala Sekolah TPQ Masjid Ji'rona Yusnizar SAg diakhir kegiatan mengumumkan hasil perlombaan kelompok santri yang menjadi pemenang lomba menyusun waktu sholat wajib lima waktu, lomba mewarnai kaligrafi dan menyusun Asmaul Husna serta ditutup dengan doa bersama oleh ustadz Nukman sekitar pukul 15.20 WIB. (***LPC)