Dandim 0322/Siak Letkol Inf Faisal Resmikan Kampung Pancasila Di Sei Kayu Ara Kecamatan Sungai Apit

Ahad, 13 Maret 2022

Siak (Riau), Lineperistiwa.com

Dandim 0322/Siak Letkol Inf M Faisal Effendi SIP meresmikan Kampung Sei Kayu Ara sebagai Kampung Pancasila.

Acara di gelar dengan sambutan pencak silat dan tarian tepak sirih di lapangan upacara Sungai Kayu Ara Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau (Jum'at, 11/03/2022).

Upacara peresmian Kampung Pancasila di hadiri Asisten III Kabupaten Siak Drs Jamaludin MSi, Kepala Dinas Pariwisata H Djumotias S Sos MSi, Danramil 02/Sungai Apit Kapten Inf Efendi Sihombing, Camat Sungai Apit Wahyudi S STP, Pasiter Dim 0322/Siak Kapten Arh Agus Wanto, Pasiops Dim 0322/Siak Kapten Arh A Napitupulu, Korwil Dik Sungai Apit Saroni SPd MPd, Plt Kapolsek Sungai Apit AKP Ahmad Dani, Kapuskesmas Sungai Apit dr H Adrian Hidayat, Lurah, Penghulu se-Kecamatan Sungai Apit, Babinsa, para tokoh masyarakat, siswa/i SMKN Sungai Apit dan undangan lainnya.

Dandim Faisal ketika di wawancarai awak media tentang Kampung Pancasila menerangkan, kegiatan ini di laksanakan secara serentak oleh jajaran Kodam I/BB dimana setiap Kodim di Kabupaten wajib menyiapkan satu Kampung Pancasila sebagai contoh kepada masyarakat untuk mengaplikasikan butir-butir yang ada di dalam Pancasila yang selama ini masyarakat sudah banyak melupakan, ucap Dandim.

Ia (Dandim.red) juga menambahkan bahwa, kedepannya setiap Kecamatan akan di bentuk juga Kampung Pancasila, tutup Dandim Faisal.

Pemerintah Kabupaten Siak melalui Asisten III Jamaludin menerangkan, kami menyambut baik atas peresmian Kampung Pancasila di Sungai Kayu Ara ini dan juga menjadi contoh bagi Kampung yang lain. 

Ia (Asisten III) juga menyebut bahwa anak-anak kita adalah generasi penerus kaum milenial dan hampir sudah melupakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan diremikannya Kampung Pancasila ini, kami berharap agar kepada orang tua, guru-guru dan ustadz dapat mensosialisasikan kepada generasi muda agar memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang benar-benar di camkan dalam kehidupan sehari-hari”, jelas Jamaludin.

Camat Sungai Apit Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0322/Siak atas diresmikannya Kampung Pancasila di Kecamatan Sumgai Apit.

”Terima kasih pak Dandim yang sudah menunjuk dan mempercayakan Kampung Sungai Kayu Ara Kecamatan Sungai Apit ini menjadi Kampung Pancasila sehingga keberagaman suku dan agama dapat menjadikan persatuan dan kesatuan yang kokoh di Kecamatan Sungai Apit”, sebut camat mengakhiri ucapannya.(***Rizal)