Kepala KPLP Lapas Taluk Kuantan Beri Arahan Jam Penitipan Barang Kepada WBP

Kamis, 25 November 2021

 

Teluk Kuantan, Lineperistiwa.com

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau bersama Kasi Kamtib, Kasubsi Portatib dan staff memberikan pengarahan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang di wakili oleh Ketua dan 4 (empat) orang WBP di setiap kamar blok hunian.

Tujuan diberikannya pengarahan tersebut untuk mengingatkan kembali kepada WBP mengenai aturan jam titipan dan kedisiplinan di dalam blok hunian dimana penitipan barang di luar jam penitipan (hari Senin, hari Rabu, dan hari Sabtu) tidak di perbolehkan.

Pengarahan ini juga merupakan tindak lanjut dari banyaknya keluarga WBP yang melakukan penitipan barang di luar jam penitipan sehingga membuat petugas yang jaga di area depan kewalahan untuk memberikan informasi kepada keluarga WBP yang bersangkutan.

"Saya berharap setelah pengarahan ini tidak ada lagi keluarga diantara kalian (keluarga WBP.red) melakukan penitipan barang di luar jam penitipan. Jika terdapat keluarga yang melakukannya, maka WBP yang bersangkutan akan di tindak tegas atau menerima sanksi dari kami para petugas", ujar Aldino Octalaperta (Kamis, 25/11/2021).

Kasi Kamtib Eka Misdi M P juga memberikan pengarahan mengenai kedisiplinan para WBP selama di dalam blok hunian. 

"Kedepannya kami akan melakukan sosialisasi lagi mengenai kedisiplinan para WBP di blok hunian agar dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat luar ketika kalian (WBP.red) keluar/ bebas dari Lapas ini, sehingga membuat kalian juga tidak lagi mengulang kesalahan yang menjerumuskan kalian kedalam Lapas ini lagi", ujar Kasi Kamtib Eka Misdi M P mengingatkan.

"Mengenai kedispilinan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Kuantan ini merupakan Lapas percontohan atau Zero Narkoba bagi Lapas-Lapas lain khusunya di wilayah Provinsi RIau. 

Data saat ini, 80% dari jumlah WBP merupakan kasus narkoba Namun dengan adanya program pembinaan dari Lapas l, narkoba bisa di hapuskan dari kehidupan WBP. 

Hal tersebutlah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga komitmen bersama kita ini terus bertahan", sebut Aldino Octalaperta Kepala KPLP Taluk Kuantan. (***LPC)