Kanal

Jelang Ramadhan Guru MI Ma’arif NU Kecamatan Karanglewas Ziarah Kubur

Banyumas (Jateng), Lineperistiwa.com

Jelang Ramadhan, tradisi religi di Banyumas sangatlah banyak dan beragam, tradisi tersebut sangatlah baik untuk dibudayakan dan dilestarikan, salah satunya ziarah ke Maqom Waliyulloh.

Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU Se-Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, menjelang datangnya Ramadhan 1445 Hijriyah, berziarah ke Maqom Waliyulloh Syekh Makhdum Wali dan Pangeran Senopati Mangku Bumi Pasir Luhur Karanglewas Kab Banyumas, Jawa Tengah, Kamis Siang (07/03/2024).

Ziarah dan dzikir, dipimpin oleh Kiai Tochfatur Rohman, yang juga selaku Kepala MI Ma’arif NU Sunyalangu

Koordinator Wilayah MI Ma’arif Kec Karanglewas Nur Khasanah, menjelaskan ziarah ini agenda rutin tahunan Kelompok kerja (POKJA) MI Ma’arif NU setempat, diikuti oleh 9 MI, 80 orang pendidik dan tenaga kependidikan MI, Ketua Ranting NU, Pengurus MWC LP Ma’arif NU dan Pengurus MWC NU Kecamatan Karanglewas.

"Menjelang bulan Ramadhan (akhir Sya’ban) kegiatan ziarah kubur sebagian mengistilahkan tradisi ini sebagai arwahan, nyekar (sekitar Jawa Tengah), kosar (sekitar Jawa Timur), munggahan (sekitar tatar Sunda) dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong puasa Ramadhan," jelasnya.

Dikesempatan itu, Sekretaris POKJA MI Ma’arif M. Syarifudin menambahkan, bahwa kegiatan yang positif ini, sangat dinantikan oleh para guru, selain sebagai ajang kebersamaan juga semakin mempererat tali silaturahmi, "Memperkuat solidaritas guru-guru MI Ma’arif yang ada di wilayah kecamatan Karanglewas," Imbuhnya.

Sebelum memimpin do'a penutup, Ketua POKJA MI Ma'arif Kiai Muksonudin, yang juga sebagai Kepala MI Ma'arif NU 01 Babakan, menegaskan bahwa kegiatan sangat baik, dapat memberikan kekuatan spiritual sebelum memasuki bulan Ramadhan, memotivasi diri semangat memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT dan juga rajin memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan. Tandasnya.

Acara diakhiri dengan doa, dilanjutkan bersalam-salaman, untuk saling meminta maaf, saling mendoakan dan foto bersama. (***Jmn)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER